Konsep Geopolitik

PENGERTIAN BUMI

Pengertian bumi secara umum adalah earth, geo yang diciptakan oleh sang khalik. Maka secara pemikiran manusia tidak mampu menentukan durasi waktu bahwa kapan terbentuknya bumi dan kapan binasa bumi ini. Namun untuk awal terbentuknya bumi dan akhir dari bumi adalah rahasia Pencipta, oleh sebab itu kita harus…………?

PENGERTIAN BENUA

BENUA adalah; daratan yang sangat luas (kontinen), pada awalnya bumi terbentuk seluruh benua pada satu daratan yang amat luas, belum terbagi-bagi oleh pergeseran kerak bumi. Daratan itu disebut benua pangea (pangea supercontinent), pada masa Mesozoic terbagi atas dua bagian besar yaitu; benua gondwana di belahan bumi selatan dan laurasia dibelahan bumi utara.

a.      Gondwana

Gondwana adalah benua raksasa di belahan bumi selatan yang merupakan daratan luas yang terbentuk dari massa daratan benua antartika, afrika, amerika selatan, Australia, papua, selandia baru, kaledonia baru, india pada masa kini.

Supercontinent mulai terpecah-pecah pada masa jura (Jurassic) yaitu sekitar 160 juta tahun yang lalu, diawali dengan benua afrika terpisah menuju arah utara secara perlahan. Kemudian blok daratan besar, yang saat ini dikenal sebagai anak benua india memisahkan diri dari supercontinent pada masa kapur awal sekitar 125 juta tahun yang lalu. Daratan berikut yang memisahkan diri adalah yang dikenal sekarang sebagai selandia baru pada masa kapur akhir 80 juta tahun yang lalu, diikuti daratan benua Australia dan pulau new guinea bergerak menujuh arah utara sekitar 55 juta tahun lalu sampai saat ini.

-          Amerika selatan

Amerika selatan adalah sebuah benua yang berada di antara samudera pasifik dan samudera atlantik yang tersambung dengan amerika utara melalui tanah genting panama. Benua ini dibatasi oleh garis khatulistiwa dan sebagian besar daratan benua tersebut berada di belahan bumi selatan.

-          Afrika

Kata afrika berasal dari bahasa latin, Africa terra artinya “Tanah Afri” (bentuk jamak dari “Afer”). Untuk yang mendiami bagian utara benua dekat kartago; atau bahasa yunani aphrike berarti tanpa dingin, atau bahasa latin aprica berarti cerah.

Afrika adalah tempat tinggal manusia paling awal, dari benua ini manusia mulai mengebar ke benua-benua lain. Afrika merupakan satu-satunya ditinggali nenek moyang manusia hingga sekitar dua juta tahun lampau.

-          Melanesia

Melanesia (dari bahasa yunani “pulau hitam”) sebuah wilayah yang memanjang dari pasifik barat, sampai ke laut arafura, utara dan timur laut Australia. Istilah ini pertama kali digunakan oleh Jules Dumont d’Urville pada tahun 1832 untuk menunjuk sebuah etnis dan pengelompokan pulau-pulau yang berada di polinesia dan mikronesia sekarang ini, klasifikasi rasial d’Urville dianggap tidak tepat sebab dia menutupi keragaman budaya, linguistic dan genetic Melanesia dan sekarang ini hanya digunakan untuk penamaan geografis saja. “Awal terbentuknya pulau papua klik here”

b.      Laurasia

Laurasia adalah supercontinent yang terpisah dari benua raksasa pangea pada masa mesozoik akhir sekitar 200 juta tahun yang lalu. Laurasia merupakan daratan dibelahan utara bumi yang terdiri dari Eurasia (benua eropa dan asia), dan amerika utara.

-          Asia

Benua asia merupakan benua terbesar dan populasi terpadat di dunia pada masa kini dengan wilayah yang mencakup 8,6 % permukaan bumi. Asia sendiri dibagi atas beberapa wilayah :

a). Asia timur (jepan)

b). Asia tengah (RRC)

c). Asia barat  (Saudi Arabia, Timur Tengah)

d). Asia tenggara (Indonesia, tidak termasuk Indonesia bagian timur)

-      Eropa

Eropa secara geologis dan geografis adalah sebuah semenanjung atau anak benua. Pemisahannya sebagai benua lebih dikarenakan oleh perbedaan budaya. Batasnya di utara adalah samudera artik, dan disebelah selatan dibatasi oleh laut tengah. Batas timurnya masih belum jelas karena pemisahan benua ini sendiri diawali oleh factor kebudayaan. Batas yang sering dipakai sebagai batas benua eropa dan asia adalah “pegunungan ural.”

-          Amerika Utara

Amerika utara adalah benua di belahan bumi utara. Benua ini merupakan benua keempat setelah benua asia, afrika dan eropa, yang pertama kali menemukan benua amerika utara adalah orang eropa namanya “Amsigo Vespucci.”

c.       Geopapua

Pengertian secara misteri geopapua terdiri dari dua kata yaitu geo diartikan bumi dan papua diartikan secara bahasa suku me-paniai terdiri dari tiga kata, yaitu : PA dari kata Papa, PU dari kata Pupa, A dari kata AA yang berarti tiupan angin menerangi di ufuk timur (Pupa & Papa). Maka geopapua didefinisikan sebagai tiupan angin menerangi di bagian timur bumi” alias tiupan angin menerangi di ufuk timur bumi.” Group Putra-Putri Ufuk Timur.” Pulau papua adalah mistery maha pencipta, maka reconcile untuk mengungkapkan misteri bumi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 30 other followers