SEBUTAN NAMA PULAU PAPUA SEBENARNYA “CONVERGEN LAND” DARI ZAMAN PURBA

Menurut ilmu pengetahuan yang saya belajar, sebutan nama pulau Papua (sekarang) seharusnya kita sebut nama yang diembriokan dari pada zaman purba, dan tidak terlepas dari benua raksasa (Supercontinet) yang disebut sebagai “Benua Pangaea.”

Menurut Alfred Wegener, yang menerangkan tentang Apungan Benua (Continental Drift). Konsepnya itu sangat menerangkan bagi saya bahwa posisi pulau Papua (Sebutan Sekarang) pada zaman purba berada di belahan bumi bagian selatan atau se-daratan dengan Amerika Selatan, Afrika, Australia, India, Selandia Baru dan benua Antartika (South Pole) yang disebut sebagai anak benua raksasa (Supercontinet Child) dinamai “Gondwana Land” pada zaman Jurassic awal, sekitar 180 Juta Tahun yang lalu. Pada zama jurassic akhir sekitar tahun 160 juta tahun yang lalu, anak benua raksasa bagian selatan mulai terpisah secara perlahan-lahan, dan pergerakannya sedang berlangsung sampai saat ini.

Pulau Papua (Sebutan sekarang) adalah cikal bakal dari benua Australia, yang terbentuk dari bebatuan sedimen Australia bagian utara mulai pada zaman Cretaceous akhir (Kapur) sekitar 55 juta tahun yang lalu, dan pulau itu disebut sebagai “Convergen Land” artinya; “ pulau yang terbentuk karena tabrakan/tubrukan antara dua lempeng ” kemudian akibat tabrakan dua lempeng itu terbentuk busur gunung api (Vorcanic Arc) pada lempeng benua.

Pulau Convergen Land alias Pulau Papua itu sedang mengalami pengangkatan dari dasar laut dan mengalami penderitaan yang sangat signifikan karena posisinya terletak pada pertemuan antara tiga lempeng besar dunia, yaitu lempeng Indo-Australia yang bergerak ke arah utara di bawah lempeng benua Eurasia, lempeng Pasifik yang bergerak ke arah barat di bawah pulau Papua (Convergen Land) dan lempeng benua Eurasia.

Pada pergerakan tersebut sampai saat ini sedang berlanjut. Maka untuk mengenal jejak cikal bakal terbentuknya pulauConvergen Land (Nama Purba/Asli) dilihat pada batas lempeng tektonik dan paparan/dangkalan Sahul. Klik di sini : Paparan Sahul

Catatan :

Saya berpikir bahwa untuk pemberian nama pada segalah-galahnya yang ada di planet bumi ini diberi nama oleh makluk mulia (Manusia). Namun, sebelumnya manusia itu bisa menganalisa genesa, morfologi, habitat, dan semua ciri-ciri yang ada pada benda/hewan yang bersedia diberikan nama oleh manusia itu. Setelah dianalisis diberikan nama sesuai dengan pengamatannya.

Tawaran saya Pulau Papua bisah disebut “Pulau Convergen Land”

Penulis : Demianus Nawipa (Mahasiswa Teknik Geologi IST AKPRIND Yogyakarta)

4 Responses to SEBUTAN NAMA PULAU PAPUA SEBENARNYA “CONVERGEN LAND” DARI ZAMAN PURBA

  1. [...] Guinea Formed by : Convergen Land In last Cretaceous, since 55 [...]

  2. Yayayaaaa says:

    ni cuman bohongan dari dosen orng indo melayu… tuk menipu generasi nya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 359 other followers