Selamat datang !

Hello…! SAUDARA… saya disini, selamat berkunjung di blogwordpress pribadi ini. Saudara…! di dalam blogwordpress ini, saya hanya menulis dan membagi beberapa tulisan saya, yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan alam,  khususnya tentang ilmu bumi (geologi).

Tahu tentang GEOLOGI !

Selama Ini, para terpelajar atau pelajar sekali pun kadangkala bertanya-tanya tentang, apa si ilmu bumi (geologi) itu…?, ketika Saya SMA … ! SAYA pernah tidak tahu sama sekali untuk membedakannya; antara ilmu bumi dengan geofisika atau geografi. Namun, setelah saya sampai padanya, ternyata ilmu itu adalah “Mother Of Earth Science @nd Mother Of The Others Engineering”.

Saat ini, saya melihat bahwa memang benar untuk belajar ilmu bumi (geologi) sangatlah langkah. Apalagi kita di Papua yang mempunyai Sumberdaya Mineral & Energi (SDM & SDE) yang sangat melimpah.

#PERHATIAN, geologi ? banyak orang beranggapan bahwa Geologi itu sama dengan geografi, geodesi dan ilmu tanah (Science of Soils), pada hal tidak banyak, walaupun belajar objeknya sama yaitu bumi. Perbedaannya adalah sebagai berikut :

  1. Geologi : Ilmu pengetahuan bumi mengenasi asal, materi penyusun, struktur, sejarah geologi, dan proses yang terjadi pada bumi serta hasil proses yang terjadi padanya sampai saat ini,
  2. Geografi : Ilmu yang mempelajari bumi yang berhubungan dengan lingkungan permukaan bumi serta hubungan sosialnya,
  3. Geodesi : Ilmu yang mempelajari bumi tentang bentuk dan ukuran pada roman muka bumi,
  4. Ilmu Tanah : Mempelajari tentang lapisan tanah yang awal dari batuan yang mengalami pelapukan,

Kemudian, sering banyak orang juga bertanya-tanya, geologi itu sama juga dengan pertambangan, pada hal banyak yang tidak. Sebenarnya, secara keluarga sarjana teknik, GEOLOGI adalah “Mama (Mother)” dari Teknik Pertambangan, Teknik Perminyakan, Teknik Fisika, Teknik Kimia, Teknik Lingkungan dan Teknik Sipil serta jurusan Teknik yang lain. Tanpa Geolog orang yang belajar tentang pertambangan dan perminyakan tidak akan buat apa-apa di lapangan eksploitasi.

Ucapan Terimakasih Kepada Para Dosen Geologi !

Sebagai mahasiswa teknik geologi muda dari papua barat, indonesia, saya sangat berterimakasih kepada para Dosen yang pernah mengajar saya tentang ilmu bumi selama studi.

Saya tak lupa menyampaikan bahwa dimana Kampus yang saya belajar Ilmu bumi (Geologi) adalah almamater-ku yang tidak akan hapus dalam sejarah pendidikan hidup-ku. 

———— “terimakasih”  ———–

Leave a Reply

