Sejarah Temuan Tambang Emas Di Papua

——————
Pada tanggal 16 Februari tahun 1632, Kapten Jan Cartensz, beliau seorang kapten kapal maskapai dagang dari kerajaan Belanda (VOC), melihat gunung berpuncak tertutup salju di daerah khatulistiwa.
Lalu ia membuat sebuah catatan tentang Fenomena yang luar biasa itu dan menjadikan catatan orang asing pertama tentang Puncak Carstenz.
Puncak Carstenz adalah nama untuk Puncak-puncak bersalju, nama itu diberikan atas penghargaan terhadap Kapten Jan Cartensz. Sejak itu banyaklah orang asing yang berdatangan untuk melakukan ekspedisi ke wilayah   papua.
Ekspeisi Pertama dilakukan pada tahun 1936, yang dilakukan oleh tiga orang peneliti asal belanda yaitu Dr.A.H. Colijin, J.J. Dozy, dan H. Wissel. kelompok ini adalah kelompok luar pertama yang mencapai  gunung gletser dan menemukan Ertsberg. Ekspedisi ini juga dikenal dengan Ekspedisi Colijin.
Pada tahun 1936 Geolog Dr.C. Shouten menyimpulkan bahwa kawasan Carstenz mengandung tembaga dan emas.hal ini membuat nama ertsberg (gunug bijih) dipakai untuk menyebut gunung tersebut.

Pada Agustus 1959, Forbes Wilson yang menjabat sebagai Direktur Freeport Sulphur melakukan pertemuan dengan Direktur pelaksana East Borneo Company, Jan van Gruisen.
Dalam pertemuan itu Gruisen bercerita jika dirinya menemukan sebuah laporan penelitian atas Gunung Ersberg (Gunung Tembaga) di Irian Barat yang ditulis Jean Jaques Dozy di tahun 1936.
Uniknya, laporan itu sebenarnya sudah dianggap tidak berguna dan tersimpan selama bertahun-tahun begitu saja di perpustakaan Belanda. Van Gruisen tertarik dengan laporan penelitian yang sudah berdebu itu dan membacanya.

Tahun 1960 pun menjadi ekspedisi kedua ke gunung ertsberg papua .ekspedisi ini dilakukan oleh  Forbes Wilson dan Del Flint.tujuan dalam ekspedisi ini adalah untuk membuktikan kebenaran dari perkataan Jan van Gruisen dan Geolog Dr.C. Shouten bahwa dikawasan ertsberg mengandung tembaga.
Di dalam ekspedisi ini wilson menemukan sesuatu yang nyaris membuatnya gila, bahwa disana selain dipenuhi bijih tembaga, gunung tersebut juga dipenuhi Emas dan Perak !!! menurut dia seharusnya gunung tersebut diberi nama Gold Mountain, bukan Gunung Tembaga.
——————– 0O0 ——————

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s