Geokomputasi

Saat ini komputer yang merupakan salah satu alat untuk teknologi informasi bukan hanya sebagai suatu barang mewah atau alat bantu dalam menyelesaikan masalah, melainkan sebagai alat utama dalam melakukan aktivitas pengolahan dan visualisasi data geologi, baik dari penyimpanan, pengolahan dan penggunaan ulang suatu data.

Dalam dunia pembuatan peta geologi, melalui program peta digital menjadi peta standard dalam penyimpanan data, karena tidak membutuhkan biaya yang besar untuk menyimpan dan mengelolanya.

Di samping itu akan membutuhkan waktu ekstra jika disimpan dalam format hardcopy. Pada proses pengolahan data, komputer memberikan jaminan akurasi dan kecepatan. Tidak dibutuhkan waktu berhari-hari untuk menggambar suatu peta atau mengolah suatu data.

Kesalahan rambatan (propagation error) atau kesalahan akibat manusia (human error) dapat dikurangi atau dihindari. Yang menjadi pertanyaan kita adalah, apakah komputer sebagai tools (alat bantu) atau science (sebagai sesuatu yang harus dipelajari).

Program pembuatan peta berbasis komputer adalah : MapInfo, Global Mapper, Arcview GIS, Surfer, Mapsource, Coreldraw, Globar Earth, Autocat, dll.

———————– 0O0——————

Ini data lainnya  :

1. Geomorfology

2. Compas Geology

3. Tuktorial Belajar Arcview GIS 3.3

4. My Data Of Earthquakes above 6 SR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s