Geolingkungan

—————————————-

Geologi Lingkungan adalah salah satu cabang geologi terapan yang dipusatkan pada keseluruhan keadaan spectrum dari kemungkinan saling mempengaruhi antara manusia dan lingkungan fisik. Geologi Lingkungan sendiri memiliki konsep–konsep fundamental. Yang pada umumnya menjelaskan tentang aktivitas bumi serta dampak dari proses – proses fisik geologi yakni endogen dan eksogen.

Ilustrasi Foto Air di Bumi

Ilustrasi Foto Air di Bumi

Maka, geologi lingkungan sebagai ilmu terapan dari pengetahuan geologi yang ditujukan dalam upaya memanfaatkan sumberdaya alam secara efektif dan efisien guna memenuhi kebutuhan hidup manusia masa kini dan masa mendatang dengan seminimal mungkin mengurangi dampak lingkungan yang ditimbulkannya.

Dengan kata lain geologi lingkungan dapat diartikan sebagai penerapan informasi geologi dalam pembangunan terutama untuk meningkatkan kualitas lingkungan dan untuk meminimalkan degradasi lingkungan sebagai akibat perubahan-perubahan yang terjadi dari pemanfaatan sumberdaya alam. Ada tujuh konsep yang menjadi dasar ilmu geologi lingkungan, yaitu:

  1. Pada dasarnya bumi merupakan suatu sistem tertutup
  2. Bumi yang kita miliki sebagai tempat tinggal yang paling sesuai dengan kehidupan manusia ini mempunyai sumber daya alam yang terbatas
  3. Pada saat ini, proses – proses fisik telah mengubah bentang alam, baik secara alamiah dan buatan, yang telah tersusun selama periode geologi.
  4. Selalu terjadi proses alam yang membahayakan kehidupan manusia.
  5. Perencanaan tataguna lahan dan tataguna air harus diupayakan seoptimal mungkin untuk memperoleh keseimbangan antara pertimbangan ekonomi dan variabel yang nyata, seperti estetika.
  6. Dampak dari penggunaan lahan akan semakin menumpuk, oleh karena itu kita berkewajiban melestarikannya untuk generasi selanjutnya.
  7. Komponen pokok dari setiap lingkungan manusia merupakan suatu faktor geologi, dan pemahaman terhadap lingkungan ini membutuhkan wawasan dan pengetahuan yang luas terhadap ilmu bumi dan disiplin – disiplin ilmu lain yang masih berkaitan.

Tujuh Konsep Geologi lingkungan di atas penjelasannya dapat didownload disini :  Tujuh Konsep Dasar Geologi Lingkungan

————————– 0O0 ——————

Data penting lain :

1. Umur panjang dengan terapi minum air yang layak dikonsumsi

2. Bila ingin tahu danau di atas jajaran Pegunungan Papua

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s