Pengetahuan Gas Alam (Gas Bumi)

Ilustrasi Gas Alam (Gas Bumi)

Ilustrasi Gas Alam (Gas Bumi)

I. Pengertian Gas Alam

Gas alam biasa disebut juga “gas bumi” alias “gas rawa” adalah bahan bakar fosil yang berbentuk gas yang terdiri dari metana (CH4), etana (C2H6), dan propana (C3H8) serta butana (C4H10).  Biasanya ini dapat ditemukan di ladang minyak, ladang gas bumi, dan juga tambang batubara.

Gas yang kaya dengan metana (C4H6) produksi melalui pembusukan oleh “bakteri anaerobik” dari bahan-bahan organik selain dari fosil, maka sering disebut “biogas”. Sumber biogas biasa ditemukan di rawa-rawa, tempat pembuangan akhir sampah, serta penampungan kotoran manusia dan hewan.

II. Manfaat Gas Alam,

Secara garis besar pemanfaatan gas alam dibagi atas 3 kelompok yaitu :

  • Gas alam sebagai bahan bakar, antara lain sebagai bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Gas/Uap, bahan bakar industri ringan, menengah dan berat, bahan bakar kendaraan bermotor (BBG/NGV), sebagai gas kota untuk kebutuhan rumah tangga hotel, restoran dan sebagainya.
  • Gas alam sebagai bahan baku, antara lain bahan baku pabrik pupuk, petrokimia, metanol, bahan baku plastik (LDPE = low density polyethylene, LLDPE = linear low density polyethylene, HDPE = high density polyethylen, PE= poly ethylene, PVC=poly vinyl chloride, C3 dan C4-nya untuk LPG, CO2-nya untuk soft drink, dry ice pengawet makanan, hujan buatan, industri besi tuang, pengelasan dan bahan pemadam api ringan.
  • Gas alam sebagai komoditas energi untuk ekspor, yakni Liquefied Natural Gas (LNG).

Oleh : Demianus Nawipa (Sarjana Muda Geologi Jebolan UNIPA Manokwari).

 

 

 

Comments are closed.