Politik Memang Menggoda, Jalan Pendidikan Bidang Lain Di Papua

Penulis : Odiyaipai Dumupa

Para Sahabat Yth. :

Sudah bertahun-tahun kita hanya membahas persoalan “politik” dan “pemerintah” dan mengabaikan bidang dan persoalan lain. Kita berpikir seolah-olah hanya politik dan pemerintahan sajalah yang penting, sementara bidang lain tidak penting.

Makanya; kita mengabaikan persoalan ekonomi, antropologi, sosiologi, teologi, sejarah, kesenian, keolahragaan, arsitektur, geologi, astronomi, dan lainnya. Yang berpendidikan pada bidang-bidang tersebut pun tergoda dan terjerumus untuk membahas hal-hal politik dan pemerintahan saja, seolah-olah apa yang pernah dipelajari tidaklah penting.

Jelas “politik memang menggoda”. Siapapun dapat tergoda dengan politik. Dan fenomena inipun adalah bukti dari godaan politik itu.

Tetapi, sekarang kita harus sadar dan mau membahas hal atau bidang lain selain politik dan pemerintahan. Saya berharap kepada mereka yang berlatarbelakang pendidikan ekonomi, antropologi, sosiologi, teologi, sejarah, kesenian, keolahragaan, arsitektur, geologi, astronomi, dan lainnya untuk memulai pembahasan mengenai masalah-masalah tersebut.

Kita harus sadar bahwa kehidupan ini dinamis, bukan statis. Kedinamisan itu dibentuk oleh semua aspek atau bidang kehidupan manusia. Oleh karenanya, aspek atau bidang lain jangan diabaikan. Marilah kita membahas semua masalah kehidupan secara berimbang, tanpa hanya berfokus pada permasalahan politik dan pemerintahan semata seperti yang kita lakukan selama ini.

Terimakasih. Allah sayang kita.

Penulis adalah anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) di Propinsi Papua.

sumber : fb-nya penulis

Comments are closed.