Uap Gas Muncul Dari Sumur Di Kogekotu Paniai, Papua

Oleh : Demianus Nawipa

Saat Gas Keluar Dari Sumur, Di Kogekotu Enarotali (sumber: Abeth Kobepa)

Saat Gas Keluar Dari Sumur, Di Kogekotu Enarotali (sumber: Abeth Kobepa)

Paniai, Papua, senin 17 oktober 2016, pukul 12.00 waktu enarotali (enagotadi), di depan rumah tinggal bupati kabupaten deiyai, saat mereka menggali sumur sekitar 4 meter, keluar api pijar bersamaan dengan asap gas. Karasteristik tanah di sekitar sumur yang mereka gali itu, lebih dominan tanah lempung rawa (tanah humus dan tanah grumosol) yang mempunyai kaya akan bahan organik yang telah menjadi “pembusukan organik (bakteri anaerobik) dalam waktu geologi”, sehingga wilayah itu mengandung potensi akan “Gas Alam” atau “Gas Bumi” alias “Gas Rawa”.

Isunya geger sumur berasap yang keluar di dekat bandar udara kota enarotali, kabupaten paniai itu, warga yang di sekitar kampung kogekotu dikejutkan oleh keluarnya gas berpijar dan berasap dari dalam tanah itu.

Fenomena ini muncul, maka warga mee-di kogekotu dan enarotali kwatir, sehingga di antara mereka muncul banyak bahasa yang tidak menentu dengan disiplin ilmu bumi (Geologi). Misalnya, karena munculnya pijar api bersamaan dengan asap dari bumi membuat mereka mengarang maksud atau arti yang tidak benar, seperti “dunia mau binasa”, dan “orang mee harus bertobat”, serta bahasa-bahasa sejenis lainnya.

Rumah Dekat Sumur Gas alam Keluar

Rumah Dekat Sumur Gas alam Keluar

Sebenarnya itu, bukan muncul karena dunia binasa atau sejenisnya, tetapi itulah sebuah sumber daya energi yang Tuhan ciptakan untuk mengolah dan menjadi kebutuhan hidup yang bisa dimanfaatkan di daerah demi orang mee itu sendiri.

Secara disiplin ilmu geologi, sekitar lembah paniai dekat bibir danau paniai, mempunyai potensi sumber daya energi yaitu “gas bumi”, maka perlu dilakukan eksplorasi (pengeboran) dan selanjutnya dilakukan suatu kajian ilmiah oleh para ilmuan, khususnya, ilmuan geologi, dan MiGas yang bertujuan untuk “memastikan potensi sumber daya energi, khususnya Gas Bumi”. Untuk mengenal Gas Bumi secara teori singkat silakan klik ini : “Pengetahuan Gas Bumi”.

Penulis adalah Demianus Nawipa (Mahasiswa Teknik Geologi IST Akprind Yogyakarta).

Comments are closed.